Supercell logo
Clash Royale — 14 Mei 2024

Perubahan Keseimbangan Mei!

Untuk perubahan keseimbangan Mei, kami memberikan fokus lebih pada Evolusi Kartu. Secara umum, Evolusi terlalu kuat untuk saat ini yang menyebabkan pemain terus-menerus berusaha mengerahkan Evolusi sebanyak mungkin dalam Pertempuran. Bisa dibilang, Evolusi kini terlalu sering menjadi penentu hasil Pertempuran. Data menunjukkan bahwa kartu Evolusi memiliki tingkat pengerahan yang jauh lebih tinggi dan memberikan kerusakan yang tidak proporsional dibandingkan kartu non-Evolusi.

Kami ingin perubahan keseimbangan kali ini dapat memindahkan fokus dari sekadar statistik kekuatan dan lebih ke arah ke mekanika unik. Setelah ini, kami berharap kartu Evolusi lebih digunakan secara strategis karena fitur mereka yang spesial!


Evolusi Pemanah

❤️ Bonus HP:
1,25x → 1,0x (-20%)
💥 Kerusakan Panah Kuat: +18%

Pemanah Evolusi kini akan jadi lebih ringkih dan oleh karena itu daya hajarnya perlu ditingkatkan melalui kemampuan Panah Kuat yang lebih dahsyat. Singkat kata, kartu ini akan jadi pilihan risiko tinggi, ganjaran tingi.


Evolusi Orang Barbar

❤️ Bonus HP: 1,25x → 1,1x (-12%)
⏱️ Durasi Peningkatan: 2dtk → 3dtk (+50%)

Bonus HP Orang Barbar Evolusi kini akan lebih sejalan dengan evolusi petarung jarak dekat lain. Yang jelas, Bola Api saja tak cukup untuk menghentikan mereka. Durasi peningkatan yang lebih lama juga akan memastikan mereka bisa beralih ke target baru lebih cepat saat menghadapi kawanan lawan.


Evolusi Kelelawar

⏱️ Bonus Kecepatan Serangan Pertama:
0,3dtk → 0,6 dtk (+100%)

Kelelawar Evolusi masih akan memiliki potensi yang sama seperti sebelumnya, namun akan dipelukan sedikit dukungan agar mereka bisa memberikan nilai maksimum!


Evolusi Pendobrak

🫸 Pukul mundur tidak akan bekerja pada peleton kelas berat (seperti P.E.K.K.A dan Penambang Perkasa).

ℹ️ Perubahan keseimbangan yang memengaruhi Orang Barbar Evolusi juga akan berlaku pada Orang Barbar dari Pendobrak Evolusi.

Dengan perubahan di mana Pendobrak Evolusi tak lagi mendorong mundur peleton berat seperti P.E.K.K.A dan Penambang Perkasa, banyak pilihan untuk mengadang Pendobrak kini terbuka. Meski begitu, potensi serangan masih luar biasa.


Evolusi Pengebom

🔄 Siklus:
1 → 2 (+100%)

Pengebom Evolusi kini akan memerlukan 2 siklus untuk sedikit mengurangi spam dari pemain dan memaksa mereka untuk memainkan kartu ini dengan lebih strategis.


Evolusi Penembak Mercon

❤️ Bonus HP:
1,3x → 1,0x (-23%)
💥⏱️ Durasi Percikan Api Besar:
2,5dtk → 3dtk (+20%)

💥⏱️ Durasi Percikan Api Kecil:
2dtk → 2,5dtk (+25%)
🐢 15% efek perlambatan gerakan kini ditambahkan.

Evolusi Penembak Mercon juga akan menukarkan bonus HP dengan serangan yang lebih kuat. Percikan Penembak Mercon juga akan mendapatkan efek perlambatan gerakan sebesar 15%, seperti Racun. Durasi yang lebih panjang akan membuat perlambatan gerakan lebih efektif dan secara tidak langsung meningkatkan kerusakan yang dia berikan.


Evolusi Kesatria

❤️ Bonus HP:
1,2x → 1,1x (-8%)

Selain kemampuan pengurangan kerusakan yang dahsyat, Kesatria Evolusi juga memiliki statistik yang bagus untuk biaya yang dikeluarkan. Kami ingin membuat semua Evolusi jarak dekat memiliki bonus HP yang setara. Oleh karena itu, kami ingin membuat Kesatria Evolusi lebih tahan banting dari kemampuannya dibandingkan dari bonus HP.


Evolusi Mortir

❤️ Bonus HP:
1,2x → 1,0x (-17%)

Kami ingin pemain memberikan usaha lebih dalam mempertahankan Mortir Evolusi, terutama karena serangannya yang jadi jauh lebih cepat dan kuat dibandingkan Mortir versi normal.


Raksasa Royal (+ Evolusi)

❤️ HP Raksasa Royal:
3072 → 3164 (+3%)
❤️ Bonus HP Evolusi:
1,1x → 1,0x (-10%)

Tentara Royal (+ Evolusi)

❤️ HP Tentara Royal:
532 → 547 (+3%)
❤️ Bonus HP Evolusi:
1,11x → 1,0x (-10%)

Ada selisih yang besar antara versi Evolusi dan versi normal dari Raksasa Royal dan Tentara Royal, terutama untuk Kartu dengan 6+ Eliksir. Kami ingin membuat selisih ini lebih kecil dengan menjadikan kartu versi normal sedikit lebih kuat.


Evolusi Jerangkong

⏱️ Bonus Kecepatan Serangan Pertama:
0,4dtk → 0,5dtk (+25%)

Seperti Evolusi Kelelawar, Evolusi Jerangkong akan menerima sedikit pelemahan dalam bentuk bonus kecepatan serangan pertama sehingga memerlukan sedikit dukungan untuk mencapai potensi tertinggi.


Evolusi Tesla

❤️ Bonus HP:
1,2x → 1,0x (-17%)
⚡ Evolusi Tesla akan mengerahkan Gelombang Elektro saat tumbang.

Evolusi Tesla versi lama hanya mendapatkan bonus dari HP yang lebih tinggi dan hanya dapat mengerahkan satu kali Gelombang Elektro. Evolusi Tesla akan selalu mengerahkan setidaknya dua Gelombang Elektro, satu saat Evolusi dimainkan dan satu saat tumbang.


Evolusi Valkyrie

❤️ Bonus HP:
1,15x → 1,1x (-4%)
💥 Kerusakan Tornado:
76 → 84 (+11%)

Evolusi Valkyrie akan menerima sedikit pelemahan untuk Bonus HP agar setara dengan Evolusi jarak dekat lain. Di sisi lain, serangan Tornado miliknya dapat menumpas Jerangkong dan Kelelawar dalam satu ayunan.


Evolusi Peremuk Tembok

💥 Kerusakan Serbuan:
392 → 196 (-50%)
⏱️ Kecepatan Berlari:
Cepat → Sangat Cepat

Evolusi Peremuk Tembok akan lebih sulit dihentikan dan juga akan memberikan kerusakan lebih besar. Karena efektivitas mereka di Arena ditentukan oleh bagaimana mereka bisa bertahan, kami akan mengurangi bonus kerusakan namun membuat mereka berlari lebih kencang!


Evolusi Setrum

💥 Kerusakan Setrum Kedua dan Ketiga:
1x → 0,5x (-50%)

Kedahsyatan Evolusi Setrum berasal dari kerusakan yang bisa diberikan. Perubahan ini akan membuat kartu ini lebih berfokus pada efek kejut.


Penembak Meriam

💥 Kerusakan:
422 → 401 (-5%)

Penembak Meriam terasa terlalu banyak memberikan kerusakan terutama saat kedua Benteng menyerang ke satu Peleton.


Bupati Belati

❤️ HP:
3204 → 2768 (-14%)

Meski Bupati Belati punya kelemahan yang dapat dieksploitasi, memanfaatkan celah ini secara konsisten dirasa terlalu susah karena HP yang tinggi.


Pengumpul Eliksir

⏱️ Kecepatan Produksi:
9dtk → 12dtk (+33%)
⏱️❤️ Masa aktif:
1mnt 5dtk → 1mnt 26dtk (+32%)

Pengumpul Eliksir masih akan menghasilkan Eliksir yang sama seperti sebelumnya, namun dalam jangka waktu yang lebih lama. Pengumpul Eliksir dan Bupati Belati akan lebih kuat selama Fase 1x Eliksir. Karena kini Dek Pengumpul Eliksir punya Peleton Benteng yang saling bersinergi, perubahan keseimbangan juga harus memperhitungkan Bupati Belati.


Bor Goblin

⏱️ Goblin Pertama Muncul:
0,5dtk → 0,8dtk (+60%)

Kemunculan Goblin pertama yang terlalu cepat memudahkan lawan untuk mengantisipasi Bor Goblin tanpa harus memprediksi Bor Goblin.


Racun

👑💥 Kerusakan Benteng Mahkota/dtk:
28 → 23 (-18%)

Racun terlalu efektif sebagai kondisi kemenangan dalam Fase Penentuan. Kami mengurangi Kerusakan pada Benteng Mahkota untuk memastikan kondisi kemenangan lain juga digunakan dan siklus Racun tidak terus diandalkan.