Supercell logo
Clash of Clans — 20 Nov 2023

Bahu-membahu Membangun Clash of Clans!

Hai, Clasher!

Saya Stuart, Manajer Umum tim Clash of Clans. Aku ingin menyampaikan kabar tentang beberapa perubahan di balik layar yang terjadi pada tim kami baru-baru ini. Singkat cerita; demi menjadikan Clash of Clans makin hebat dalam tempo waktu sesingkat-singkatnya, kami telah menambah ukuran tim kami.

Selama bertahun-tahun, Supercell telah menciptakan berbagai game keren tanpa hambatan apa pun melalui tim-tim kecil yang terdiri dari orang-orang berbakat. Untuk sekian lama, formula ini juga bekerja dengan sangat baik untuk Clash! Namun, seiring dengan popularitas dan usia Clash yang kian bertambah, hal-hal yang perlu kami tingkatkan juga menjadi makin banyak. Ukuran tim kami yang kecil akhirnya menjadi rintangan. Di Supercell, kami percaya bahwa hanya dengan membuat game yang terbaik bagi para pemainlah kami bisa meraih keuntungan bisnis yang terbaik. Sebagai pemain, apakah kalian merasa sudah mendapatkan yang terbaik dari Clash of Clans? Sayangnya, jawabannya "belum".

Respons ini tentu sangat menyengat bagi kami. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk memperbaiki situasi ini! Sejak Januari, kami menambah ukuran tim kami hingga hampir dua kali lipat. Perubahan ini mendorong kami untuk membuat banyak adaptasi lain terhadap cara kerja kami supaya tim yang lebih besar ini bisa bekerja dengan makin efisien dan bukan malah sebaliknya. Tentu saja ada beberapa kendala yang terjadi di tengah jalan. Kami memiliki sejumlah orang berbakat dengan ide-ide cemerlang untuk membuat kinerja tim makin baik, dan mereka sangat bersemangat dalam mengerjakan game sekeren dan seikonik Clash. Meski begitu, mengerjakan game dengan basis pemain yang begitu besar juga sedikit menakutkan bagi mereka. Jadi, mohon jangan terlalu galak, ya!

Tim yang baru bertumbuh ini masih merangkak dan masih belajar untuk berjalan. Dengan bertambahnya pengalaman anggota baru, segala pekerjaan kini dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Hal ini terbukti dari acara Koalisi Edan yang baru-baru ini hadir. Salah satu anggota tim kami berkata, "Aku tak bisa membayangkan akan setragis apa acara ini jadinya jika kita kerjakan dengan tim kecil yang kita miliki di awal tahun." Pertumbuhan tim kami tidak berhenti di sini. Kami terus mencari orang-orang berbakat lain supaya bisa makin dekat ke tujuan kami, yaitu mempersembahkan versi Clash terbaik kepada kalian semua.

Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih karena telah menjadi komunitas yang hebat. Sejak Clash of Clans dirilis tahun 2012 lalu, game ini telah menjadi milik kalian, para pemain. Melihat kegembiraan kalian saat kami mengerjakan sesuatu dengan baik membuat semua kerja keras kami terbayar lunas. Yang tak kalah penting, melihat kekecewaan kalian saat kami memberikan hasil yang kurang memuaskan adalah hal yang menginspirasi kami untuk bekerja lebih baik lagi di masa mendatang. Jadi, mohon terus berikan kami masukan, baik berupa saran positif maupun kritik membangun. Respons kalian dapat membantu kami memutuskan langkah apa yang akan diambil dan ke mana tujuan berikutnya.

Dengan tim yang lebih besar ini, kami punya rencana yang cukup ambisius untuk 2024 dan kami rasa kalian akan menyukainya!

Tenang, 2023 belum berakhir! Masih ada Final Dunia yang akan berlangsung akhir pekan ini! Aku selalu tak sabar melihat desain basis edan dan strategi serangan seperti apa yang akan digunakan oleh para pemain top. Setelah itu, kita akan kedatangan pembaruan Desember yang fokus di Desa Asal. Pembaruan ini akan membuat sebagian besar strategi yang banyak digunakan saat ini menjadi usang! Ini adalah saat yang tepat untuk bermain Clash of Clans!

Salam Clash,
Stuart