Supercell logo
Clash of Clans — 12 Des 2023

Catatan Rilis Lengkap

Pembaruan terbesar tahun 2023 telah tiba! Peralatan Pahlawan, Balai Kota 16, Penunggang Akar, penggabungan bangunan baru, dan banyak lagi! Pembaruan ini mengubah permainan dan akan memengaruhi cara para Chief bertarung selamanya!

Balai Kota 16

Tema alam Balai Kota 16 mudah dilihat dengan desainnya yang dipengaruhi pepohonan. Bahkan sinar Giga Inferno di Balai Kota 16 seperti ledakan matahari yang diperbesar.

Anda akan senang mengetahui bahwa senjata Giga Inferno di Balai Kota 16 hanya memiliki satu level! Giga Inferno masih menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan karena masih akan berusaha memanggang unit penyerang. Selain itu, efek Racun masih diterapkan saat Balai Kota dihancurkan!

  • Jenis Kerusakan: Multi Target

  • Sasaran: Darat & Udara

Level Peningkatan Baru

Peningkatan ke Balai Kota 16 juga menghadirkan tingkat peningkatan baru untuk berbagai Bangunan, Pertahanan, dan Unit!


Baru: Penggabungan Pertahanan!

Saat Anda meningkatkan ke Balai Kota 16, alih-alih membeli Pertahanan baru dari Toko, Anda akan diberikan opsi untuk membeli kemampuan untuk menggabungkan beberapa Pertahanan. Setelah Anda memenuhi persyaratan minimum untuk menggabungkan dua Pertahanan Anda menjadi satu monster Pertahanan ultra yang sangat besar, permainan akan menampilkan dua bangunan mana yang akan digabungkan.


Hasil akhirnya adalah Pertahanan super yang lebih hebat dari sekedar gabungan bagian-bagiannya. Hasil kerusakan lebih tinggi, HP lebih banyak, dan secara keseluruhan jauh lebih keren!

Ada beberapa peringatan:

  • Penggabungan bangunan bersifat permanen. Setelah digabungkan, keduanya tidak dapat dipisahkan.

  • Bangunan yang digabungkan dapat ditempatkan di mana saja di Desa Anda yang memiliki ruang.

  • Kedua bangunan yang digabungkan harus berada pada level maksimal.


Setelah Anda menggabungkan kedua Pertahanan, Pertahanan super baru Anda juga dapat ditingkatkan lebih lanjut!

#1 Menara Perserikatan Pemanah

Gabungkan dua Menara Pemanah secara bersamaan dan Anda akan mendapatkan Menara Perserikatan Pemanah!

Menara Perserikatan Pemanah akan menargetkan 3 musuh yang menyerang berbeda, memastikan Pemanah menyebarkan kerusakannya. Namun, jika target yang tersedia kurang dari 3 maka Menara Perserikatan Pemanah akan lebih sering menyerang target yang tersisa. Misalnya:

  • Jika sasarannya hanya satu maka sasaran itu akan ditembakkan dengan 3 anak panah.

  • Jika hanya ada dua sasaran, satu sasaran akan ditembakkan dua kali.

Mari kita bersyukur bahwa prosesnya tidak menggabungkan Pemanah yang sebenarnya menjadi penggabungan mutan yang aneh.

  • # tersedia di Balai Kota 16: 2

  • Jangkauan: 10 petak

  • Jenis kerusakan: Banyak target

  • Jumlah target: 3

  • Target Sasaran: Darat & Udara

#2 Meriam Pantul

Jika Anda berpikir menggabungkan dua bangunan adalah tindakan yang menantang fisika, maka tunggulah sampai Anda melihat apa yang dilakukan Meriam ini! Meriam Pantul adalah versi gabungan baru dari pertahanan Meriam yang teruji dan benar.

Meriam Pantul memiliki HP lebih dari dua kali lipat dibandingkan Meriam biasa. Namun, Meriam berlaras besar ini bersinar ketika memberikan kerusakan. Amunisi Meriam Pantul tidak hanya menghasilkan kerusakan lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan Meriam Level 21, amunisi Meriam Pantul akan memantul dari target awalnya dan juga akan memberikan kerusakan pada target kedua!

  • # tersedia di Balai Kota 16: 2

  • Jangkauan: 9 petak

  • Jenis kerusakan: Target tunggal

  • Target: Daratan

Memperkenalkan: Peralatan Pahlawan!

Peralatan Pahlawan adalah fitur baru untuk PEMAIN BALAI KOTA LEVEL 8 KE ATAS yang memungkinkan Anda menyesuaikan Pahlawan dan kemampuan apa yang ingin Anda bawa ke dalam pertempuran. Anda tidak hanya dapat memilih kemampuan mana yang akan dihadirkan oleh Pahlawan Anda, kami juga akan memperkenalkan kemampuan BARU yang kuat yang belum pernah dilihat oleh Pahlawan Anda sebelumnya!

Ingin memberi Ratu Pemanah Anda panah besar yang melesat ke seluruh medan perang? Mungkin Anda ingin memberi Raja Barbar Anda kemampuan untuk merobohkan Tembok dengan Sepatu Bot Gempa Bumi miliknya?  

Pegang panahmu, Chief, saatnya merevolusi seranganmu di Clash of Clans!

Kemampuan Pahlawan lama Anda seperti Tinju Besi Raja Barbar, kini dipecah menjadi berbagai Peralatan Pahlawan yang dapat ditingkatkan dan diganti. Misalnya, melengkapi Boneka Barbar akan memberikan Raja Barbar Anda kemampuan untuk memanggil sekumpulan Orang Barbar Marah. Menggantinya dengan item lain, seperti Kumis Vampir, akan menghilangkan kemampuan memanggil Orang Barbar Marah tetapi akan menggantinya dengan kemampuan Raja Barbar untuk menyembuhkan dirinya sendiri di setiap serangan!

Bangunan Baru: Bengkel Pandai Besi

Tersedia di Balai Kota level 8 ke atas, Anda akan dapat membangun bangunan baru, Bengkel Pandai Besi. Bangunan baru ini adalah toko serba ada untuk segala hal yang berhubungan dengan Peralatan Pahlawan. Seperti Rumah Hewan Peliharaan yang digunakan untuk menaikkan level Hewan Peliharaan Pahlawan Anda dan menugaskan Hewan Peliharaan ke Pahlawan, Bengkel Pandai Besi adalah tempat Anda meningkatkan Peralatan Pahlawan dan menyesuaikan kemampuan Pahlawan Anda.

LevelLevel Balai KotaBiaya PeningkatanWaktu PeningkatanHPMembuka
18750 RB Emas1 hari700Sepatu Bot Gempa Bumi
291.7 JT Emas2 hari800Panah Raksasa
3102.3 JT Emas3 hari900Kumis Vampir
4113 JT Emas4 hari1000Permata Amarah
5125.5 JT Emas5 hari1100Boneka Penyembuh
6138.5 JT Emas6 hari1200Kitab penyembuh
71412 JT Emas7 hari1300NA
81514 JT Emas8 hari1400NA
91616 JT Emas9 hari1500NA

Sumber Daya Baru: Mineral

Peralatan Pahlawan dapat ditingkatkan! Ya, itu artinya kamu bisa membuat Peralatan favoritmu menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Untuk meningkatkan Peralatan, Anda memerlukan sumber daya baru berikut: Mineral Berkilau, Mineral Gemilang, dan Mineral Astral.

Mineral Berkilau: Mineral yang paling umum, untuk semua level untuk Peralatan Umum dan Epik.

Mineral Gemilang: Mineral langka ini digunakan untuk meningkatkan level kunci Perlengkapan Pahlawan Umum dan Epik.

Mineral Astral: Mineral paling langka diperlukan untuk meningkatkan Peralatan Epik Anda melebihi level tertentu

Mineral dapat diperoleh dengan berbagai cara. Anda dapat mengumpulkan Mineral dari berikut ini:

  • Bonus Bintang Desa Asal

  • Perang Klan

  • Pedagang

  • Toko dalam game

Selain itu, Anda dapat menggunakan Permata jika Mineral Anda tidak cukup untuk menyelesaikan peningkatan Peralatan.

Menjadikan Pahlawan Semakin Heroik

Setiap Pahlawan dapat menggunakan DUA Peralatan Pahlawan sekaligus. Cukup geser Peralatan Pahlawan dari inventaris Anda ke Pahlawan Anda di UI Peralatan Bengkel Pandai Besi. Peralatan memiliki kemampuan Aktif atau Pasif. Kemampuan aktif mengharuskan Anda mengaktifkan efeknya secara manual selama pertempuran. Contoh bagusnya adalah mengaktifkan kemampuan Tangan Besi milik Raja Barbar selama serangan. Kemampuan pasif aktif secara permanen dan tidak memerlukan masukan apa pun dari pemain. Aura Wali Besar adalah contoh dari kemampuan Pasif.

  • Peralatan Umum dapat ditingkatkan ke level 18 dan dibuka dengan meningkatkan Pandai Besi Anda.

  • Peralatan Epik dapat ditingkatkan ke level 27 dan dapat dibuka selama acara khusus.

  • Beberapa Peralatan mempunyai efek sekunder seperti peningkatan DPS, pemulihan HP, peningkatan kecepatan gerakan, dan lain-lain.

  • Peralatan Pahlawan Epik akan dibuka selama acara khusus di pembaruan mendatang.

NamaPahlawanKelangkaanAktif/PasifKemampuan
Boneka BarbarRaja BarbarUmumAktifMemanggil Orang Barbar yang Marah Pahlawan: Memulihkan HP Pahlawan: Meningkatkan HP
Botol AmaraRaja BarbarUmumAktifRaja Barbar Marah Pahlawan: Meningkatkan kerusakan Pahlawan: Meningkatkan kecepatan gerakan Pahlawan: Memulihkan HP
Sepatu Bot Gempa BumiRaja BarbarUmumAktifGempa merusak Tembok dan Bangunan Pahlawan: Meningkatkan kerusakan Pahlawan: Meningkatkan HP
Kumis VampirRaja BarbarUmumPasifMenyembuhkan Raja Barbar dengan setiap serangan
Boneka PemanahRatu PemanahUmumAktifMemanggil Pemanah Pahlawan: Memulihkan HP Pahlawan: Tingkatkan DPS
Botol PenghilangRatu PemanahUmumAktifMembuat Ratu Pemanah tak kasat mata Pahlawan: Meningkatkan kerusakan Pahlawan: Meningkatkan HP
Panah RakasasaRatu PemanahUmumAktifMenembakkan panah raksasa melintasi desa musuh Pahlawan: Tingkatkan DPS Pahlawan: Meningkatkan HP
Boneka PenyembuhRatu PemanahUmumAktifMemanggil Penyembuh Pahlawan: Menyembuhkan diri sendiri Pahlawan: Meningkatkan HP
Kitab MahasaktiWali BesarUmumAktifWali Besar dan unit di sekitarnya menjadi kebal terhadap kerusakan
Permata KehidupanWali BesarUmumPasifUnit terdekat mendapatkan HP ekstra Pahlawan: Tingkatkan DPS Pahlawan: Meningkatkan HP
Kitab PenyembuhWali BesarUmumAktifMenyembuhkan Wali Besar dan unit di dekatnya Pahlawan: Memulihkan HP Pahlawan: Meningkatkan HP
Permata AmarahWali BesarUmumPasifUnit di dekatnya menimbulkan kerusakan ekstra Pahlawan: Tingkatkan DPS Pahlawan: Meningkatkan kecepatan serangan
Permata RoyalJawara RoyaleUmumAktifMenyembuhkan Jawara Royale secara signifikan Pahlawan: Meningkatkan DPS Pahlawan: Meningkatkan HP
Perisai PelacakJawara RoyaleUmumAktifMelempar perisai menimbulkan kerusakan pada beberapa target. Pahlawan: Meningkatkan HP

Tentu saja kami berencana untuk memperkenalkan lebih banyak Peralatan di masa depan, menjadikan Pahlawan Anda lebih fleksibel, lebih kuat, dan lebih dapat disesuaikan dari sebelumnya!

Peleton Baru - Penunggang Akar

Penunggang Akar adalah pasukan Eliksir baru yang tersedia di Balai Kota 15 saat Anda meningkatkan Barak ke Level 17.

Pejuang bumi ini sangat selaras dengan alam sehingga dia bahkan tidak perlu berjalan sendiri - apakah kamu sudah iri? Tunggu, karena masih ada lagi!

Berkendara ke medan perang di atas akar pohon yang kuat, dia dapat menghancurkan tembok dan membanting pertahanan menjadi debu! Penunggang Akar akan menjadi pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin menciptakan celah cepat di pertahanan lawan karena itu akan menjadi target utamanya.

  • Target favorit: Pertahanan

  • Jenis kerusakan: Target Tunggal

  • Target: Darat

  • Ruang perumahan: 20

  • Kecepatan gerakan: 12

  • Waktu pelatihan: 3 menit 40 detik

Hewan Peliharaan Baru - Roh Rubah 

Jika kamu pernah melihat makhluk hantu melompat-lompat di antara pepohonan di Desa Asalmu, kemungkinan besar kamu pernah melihat Roh Rubah - Hero Peliharaan terbaru. Dan mungkin...mungkin saja...kita akhirnya akan mendapatkan jawaban atas pertanyaan: Apa yang dikatakan rubah?!

Roh Rubah adalah Pet baru yang tersedia di Balai Kota 16 ketika Anda meningkatkan Rumah Hewan Peliharaan Anda ke Level 9.

Meski sangat pemalu dan paling bahagia saat berkeliaran sendirian di hutan, kesetiaan Roh Rubah dalam pertarungan tidak perlu dipertanyakan lagi. Saat dipanggil untuk berperang, rubah yang penuh semangat ini bertarung dengan sengit dan memberikan sedikit sihir hutan kepada Pahlawan mereka.

Kemampuannya “Antara Ada dan Tiada” akan mengubah dirinya dan Pahlawannya menjadi tidak terlihat selama beberapa detik! Ini akan memungkinkan strategi Pahlawan baru yang menarik, dan kami tidak sabar untuk melihat bagaimana Anda akan menggunakannya!

  • Target favorit: Dalam 4,5 Petak Pahlawan

  • Jenis kerusakan: Target Tunggal

  • Target: Darat

  • Ruang perumahan: 20

  • Kecepatan gerakan: 24

Dalam pembaruan ini kami juga menambahkan perubahan saldo tambahan untuk mengatasi beberapa tantangan di sekitar Balai Kota 15. Anda dapat menemukan perubahan keseimbangan di bawah:

Desa Asal

  • Perubahan Menara Mantra Amarah:

    • Radius kemarahan berkurang dari 6 menjadi 5 petak

    • Peningkatan kerusakan berkurang dari 90% menjadi 60%

  • Kerusakan Bom Udara level 10 berkurang dari 355 menjadi 350

  • Kerusakan Artileri Elang level 6 berkurang dari 525 menjadi 500

  • Perubahan senjata Balai Kota:

    • Durasi racun Balai Kota 14-15 telah dikurangi dari 16 detik menjadi 12 detik

    • Mengurangi DPS Balai Kota 15 dari 280-320 menjadi 280-300

  • Perubahan Menara Inferno:

    • DPS Multi-Menara Inferno level 9 dikurangi dari 116 menjadi 110

  • Perubahan Busur-X:

    • HP level 6 berkurang 3500 → 3400

    • HP level 7 berkurang 3900 → 3700

    • HP level 8 berkurang 4200 → 4000

    • HP level 9 berkurang 4500 → 4200

    • HP level 10 berkurang 4700 → 4400

    • DPS level 7 berkurang 155 → 150

    • DPS level 8 berkurang 175 → 170

    • DPS level 9 berkurang 195 → 190

    • DPS level 10 berkurang 215 → 205

  • DPS Ketapel Tempur level 4 dikurangi dari 200 menjadi 185

  • Perubahan monolit:

    • DPS level 2 dari 200 menjadi 175

    • Kerusakan proporsional berkurang 1%

  • Memperkecil kemungkinan Penyembuh mengincar Golem, Anak Golem, dan Golem Es

  • Mengurangi jumlah Bayi Lava untuk Anjing Lava yang bertahan dari 8-18 menjadi 8-13

  • Mengurangi jumlah Bayi Es untuk Anjing Es yang bertahan dari 10-12 menjadi 10-11

Perubahan Kualitas Hidup

  • Kemampuan untuk Menantang Desa Anda sendiri AKHIRNYA telah tiba.

  • Dapat dilakukan di Desa Asal dan Basis Tukang.

  • Ya…kami sebenarnya menambahkan ini.

  • Mengizinkan pelatihan parsial Tentara melalui Latihan Cepat alih-alih mencegah Tentara dilatih jika ruang Kamp Tentara tidak tersisa.

  • Akses cepat ke menu Peleton Super saat mencoba melatih Peleton yang memiliki Peleton Super saat Anda tidak memiliki peningkatan Peleton Super yang aktif.

  • Menampilkan Ramuan Latihan saat mengetuk Kamp Tentara.

  • Pop up Bonus Bintang Desa Asal diperbarui dengan tampilan dan tombol baru untuk membawa Anda langsung ke Bank.

  • Menara Pemanah diubah secara visual menjadi memiliki Pemanah tunggal di atasnya sehingga secara visual tidak tertukar dengan Menara Perserikatan Pemanah.

Perbaikan Kerusakan

  • Goblin Tombak tidak dihilangkan secara visual saat pertempuran Ibukota Klan berakhir.

  • Memodifikasi pesan awal Penyerbuan untuk menyebutkan Senior juga dapat memulai Penyerbuan Ibu Kotal.

  • Zappy tidak lagi kebal untuk sementara ketika Pos Luar O.T.T.O dihancurkan.

  • Mesin Pengepungan tidak lagi menjadi tidak terlihat untuk sementara saat digunakan langsung ke dalam Mantra Penghilang yang aktif.

  • Memperbaiki bug di mana urutan pasukan acara terkadang berubah jika Anda mengganti Mesin Pengepungan selama pertempuran.

  • Penyesuaian efek kematian Golem ES dan Anjing Es agar lebih sesuai dengan durasi dan ukuran pembekuan.

  • Batasi jangkauan Jebakan Setrum hingga 5 petak yang diinginkan.

  • Memperbaiki kesalahan pembulatan dari mantra efek area yang meningkatkan kecepatan gerakan dan kerusakan. Memperbaiki efek Gesit Tiada Akhir yang habis beberapa detik sebelum waktu serangan berakhir jika unit dikuatkan saat pertempuran dimulai dan bertahan hingga akhir.

  • Memperbaiki bug yang membuat Wali Muda tidak saling meningkatkan. Sekarang aura kesehatan hanya mengecualikan sumber aura itu sendiri.

  • Jadikan Beku dan Pembeku berfungsi bersama dengan benar ketika keduanya diterapkan secara bersamaan ke target yang sama.

  • Tampilkan bara perang sambil melihat latar perang.

  • Memperbaiki efek yang diputar pada kecepatan maju cepat setelah ditangguhkan.

  • Perbaiki layar info Pabrik Mantra/Pabrik Mantra Hitam/Kamp Tentara/Bengkel yang tidak konsisten menampilkan kapasitas unit masing-masing bangunan saat dalam tampilan peningkatan dan total kapasitas unit gabungan yang tidak sesuai. Sekarang selalu menampilkan total kapasitas gabungan desa di kedua tampilan.

  • Memperbaiki bug di mana nilai peningkatan keuntungan pass "prettifying" diterapkan bahkan ketika pass tidak aktif. Hal ini misalnya menyebabkan waktu pembangunan beberapa bangunan menjadi 5 menit lebih singkat dari yang seharusnya.

  • Perbaikan untuk unit yang memiliki jalur navigasi sangat panjang mungkin macet (paling terlihat di Sparky Mega di level tantangan).

  • Memperbaiki masalah yang menyebabkan proyektil Meriam Mega Basis Tukangmelambat selama penerbangan.

  • Memperbaiki bug di mana saldo permata negatif menyebabkan bundel permata disembunyikan di Toko.